Pages

Kamis, 17 Juni 2010

Apa Sih Facebook itu?


Facebook merupakan salah satu program aplikasi dunia maya jaringan sosial berbasis internet, di samping program lainnya. Pencetus dan pengembang aplikasi ini adalah Mark Zuckerberg seorang mahasiswa Universitas Harvard. Tujuan awal dari dikembangkannya facebook ini yaitu sebagai media untuk saling mengenal antar mahasiswa Harvard, saling mengenal jati diri teman-teman sekampusnya dengan tanpa harus bertatap muka langsung. Mengingat jumlah mahasiswa yang begitu banyak.

Melalui facebook ini kita bisa berkenalan dengan orang baru, reuni dengan teman-teman lama, juga bisa digunakan untuk kepentingan tertentu lainnya misal pendidikan, politik, bisnis dan sebagainya. Melalui situs ini kita bisa berekspresi, berkomunikasi dengan teman atau kenalan yang sudah ada, juga bisa memperluas jaringan pertemanan dengan cara mengundang atau diundang teman. Merujuk pada penjelasan Team Cyber (2009) dalam 30 Menit Membongkar Rahasia Facebook, terdapat sejumlah kelebihan yang dimiliki facebook dibanding program jejaring sosial lainnya, yaitu:

1. Umumnya data profile di facebook real, karena sebagai personal press release dan meningkatkan jaringan pertemanan. Baik itu teman baru atau teman lama, di dalam ataupun di luar negeri, serta baik yang sudah dikenal ataupun teman baru;

2. Updating data di facebook dapat dilakukan dengan mudah, bisa melalui personal computer (PC), laptop, smartphone yang terhubung ke internet dan ‘handphone’;

3. Tag atau penamaan yang saling terhubung untuk foto-foto, sehingga bisa menjadi media awal untuk saling berkomunikasi dengan teman-teman lama. Fasilitas ini bisa menjadi salah kunci penting yang memungkinkan untuk facebook menjadi ajang reuni atau mencari teman lama di manapun berada;

4. Pengorganisasian kegiatan untuk updating facebook lebih mudah karena ada pemberitahuan (notifikasi) tentang banyak hal sehingga mudah untuk mengetahui tembahan reaksi teman-teman di facebook sejak log in yang terakhir. Notifikasi itu misalnya ada teman yang menyetujui menjadi teman (accept friend), teman yang menulis pesan (wrIte a wall) dan sebagainya;

5. Notifikasi atau alert (pemberitahuan sesaat) dapat juga dilihat di alamat email yang terdaftar;

6. Dengan facebook dimungkinkan juga untuk chatting satu orang dengan satu orang (one to one), meskipun belum ada feature untuk chatting secara bersama (conference);

7. Bisa membuat group sesuai dengan keinginan, sehingga memudahkan untuk mengelompokkan rekan sesuai dengan klasifikasi tertentu. Misalnya menurut hobi, sekolah, pekerjaan dan sebagainya. Pengelompokan ini sangat bermanfaat untuk mengarahkan tema pembicaraan, sehingga komunikasi bisa lebih terarah;

8. Terdapat fasilitas wall-to-wall atau penulisan pada dinding, yaitu menuliskan pesan publik ke teman facebook yang memungkinkan untuk memberikan nilai positif atas teman tersebut;

9. Dapat mengirim pesan secara terbatas. Dalam facebook ada tiga kategori pengiriman pesan yaitu kirim ke satu orang, kirim ke semua anggota group, krim khusus untuk admin, dan kirim ke kelompok rekan-rekan (conference);

10. Dapat mengatur pertemuan melalui penggunaan fasilitas membuat acara (create event) dan sekaligus juga dapat mengundang teman-teman yang dikehendaki. Dalam feature ini bisa memberikan gambaran yang cukup menyeluruh tentang acara yang akan diselenggarakan, misalnya deskripsi acara, foto, dan video. Selain daripada itu, siapa saja teman yang bisa hadir, mungkin hadir, atau masih dalam konfirmasi juga bisa dilihat;

11. Dapat mencari atau mengundang teman hanya dengan tahu e-mailnya, namanya, sekolahnya atau informasi penting lainnya;

12. Memungkinkan mencari teman lama melalui fasilitas menu People You May Know. Teman lama bisa dicari dari jaringan yang sudah menjadi teman facebook, biasanya lengkap dengan foto, teman yang bersesuaian (mutual friend) atau dengan mengirim pesan pribadi untuk penegasan;

13. Memungkinkan kita untuk melihat acara yang akan kita hadiri dan teman facebook yang akan ulang tahun, pada menu Events and Bithdays;

14. Mengundang teman bisa dilakukan dengan lebih mudah, cukup dengan memasukkan alamat e-mail dan password-nya;

15. Bisa membuka ruang kesempatan berkomunikasi lebih lanjut atau luas untuk pengembangan dan memperkuat proses jejaring sosial melalui menu application. Di antaranya untuk kampanye kegiatan sosial, periklanan, pencarian dana, game, dan sebagainya;

16. Memungkinkan memberikan informasi yang luas untuk press release pribadi, terutama memberikan demokratisasi hubungan antar manusia. Hal ini mungkin dilakukan karena dalam facebook terdapat menu Profile sub-menu Info;

17. Terdapat Update semacam micro blogging, merupakan press release pribadi atas semua kegiatan kita secara live. Apabila kita mengupdate informasi yang berkaitan dengan diri kita, termasuk tentang suasana hati kita, hal ini bisa memberikan rasa kedekatan di antara teman-teman kita yang membacanya. Bisa saling memberikan masukan atau saling menguatkan;

18. Menu lainnya yang selalui berkembang sehingga memungkinkan adanya ruang yang cukup luas unutk berkreasi dan berinovasi dalam membuat press release pribadi yang bisa digunakan atau berfungsi sebagai pemasaran diri.

1 komentar:

Kalo suka silahkan beri komentar ,ya?